Kamis, 15 Mei 2014

"DAKON MATEMATIKA" (DAKOTA)



Tugas : Media Pembelajaran dan Teknologi Matematika Tentang Alat Peraga
“DAKOTA”
(Dakon Matematika)
Dalam materi ajar FPB dan KPK

Disusun Oleh :
Miftah Khoirinnisa
1111017000035

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH
JAKARTA
2013


BAB  I
PENDAHULUAN
A.  LATAR BELAKANG
                  Perkembangan teknologi pada era globalisasi maju dengan pesat,segala aspek         kehidupan tidak terlepas dari peran teknologi. Terutama pada bidang pendidikan,     teknologi sangat dibutuhkan khususnya pada saat mempersiapkan materi pelajaran yang     akan disampaikan pada saat proses belajar mengajar. Teknologi dalam dunia pendidikan        dapat berwujud apapun seperti alat peraga perangkat keras (hardware) dan alat peraga             perangkat lunak (software).
                  Tidak hanya pada SMP, SMA dan Perguruan Tinggi saja yang hanya menerapkan teknologi pendidikan, tetapi disekolah-sekolah dasar juga sudah mulai menerapkan    teknologi tersebut, salah satunya dengan membuat alat peraga untuk praktek pelajaran             MIPA. Murid-murid sekolah dasar diperkenalkan kepada alat peraga tersebut, agar   mereka bisa dengan mudah mengaplikasikan ilmu pengetahuan yang didapat dengan             menggunakan alat peraga yang telah disajikan dan disedikan di sekolahnya.
                  Alat peraga untuk  pelajaran matematika sangatlah beragam, salah satunya penulis beri nama yaitu alat peraga “DAKOTA” (Dakon Matematika) yang mana alat          peraga ini dikhususkan untuk materi pelajaran FPB dan KPK. Alat tersebut dibuat untuk    mempermudah anak-anak sekolah dasar mempelajari dan memahami tentang FPB dan         KPK, yang mungkin masih di rasa sulit oleh mereka yang mempelajarinya. Dengan             dibuat dan disajikannya alat peraga “DAKOTA“  tersebut dalam proses belajar mengajar diharapkan murid-murid tersebut tidak mengalami kesulitan dalam memahami materi FPB dan KPK dan sebagai alternatif lain dari cara pohon faktor atau garis bilangan. Alat    peraga ini biasanya diperuntukkan bagi murid-murid sekolah dasar kelas 5.

B.        RUMUSAN MASALAH
1.      Apa pengertian FPB dan KPK ?
2.      Apa tujuan dari pembuatan alat peraga”DAKOTA”?
3.      Apa alat dan bahan yang digunakan dalam pembuatan “DAKOTA”?
4.      Bagaimana cara pembuatan alat peraga “DAKOTA”?
5.      Bagaimana cara penggunaan  dari “DAKON”?
6.      Apa kelebihan dan kekurangan dari alat peraga “DAKOTA” ?

C.        TUJUAN
1.      Mengetahui pengertian dari FPB dan KPK.
2.      Mengetahui tujuan pembuatan alat peraga “DAKOTA”.
3.      Mengetahui alat dan bahan yang digunakan dalam pembuatan “DAKOTA”.
4.      Mengetahui cara pembuatan alat peraga “DAKOTA”.
5.      Mengetahui langkah-langkah penggunaan “DAKOTA”
6.      Mengetahui kelebihan dan kekurangan dari alat peraga “DAKOTA”.

BAB II
PEMBAHASAN

A.    Pengertian FPB DAN KPK
KPK merupakan kependekan dari “Kelipatan Persekutuan Terkecil”. Sedangkan FPB merupakan kependekan dari “Faktor Persekutuan Terbesar”. Namun yang lebih singkatnya dalam pengertiannya KPK yakni bilangan yang bisa dibagi, sedangkan FPB adalah bilangan yang bisa membagi. Maksudnya FPB bisa membagi KPK, dan KPK bisa dibagi FPB. Dalam pencarian FPB dan KPK biasanya menggunakan pohon faktor atau garis bilangan. Namun, kini kita menggunakan pola 10 kali lebih cepat dari cara  yang biasa. Pola ini dinamakan pola dahsyat.
            Contoh Soal   : Carilah FPB dan KPK dari 12 dan 16!
            Jawab :
            Cara pohon faktornya :
·         12  = 2 x 2 x 3  = 22  x   3
·         16   =2  x 2 x 2 x 2 =  24

            FPB nya : Cari yang sama dan pangkat terkecil.
            Jadi:  2  = 4, FPB nya adalah 4
            KPK nya : Cari yang sama, pangkat terbesar dan sisanya.
            Jadi :  24   x   3   = 16 x 3 = 48, KPK nya adalah 48.

            Kemudian sekarang dengan cara cepatnya  dengan rumus :
            FPB  : yang besar dibagi yang kecil, sisanya itu FPB .
            KPK : yang besar dikalikan (yang kecil dibagi FPB) .

            Contoh Soal   : FPB dan KPK dari 12 dan 16 ?
            Jawab :
·         FPB =  16 bagi 12, dapat 1 sisa 4 dan FPB nya adalah 4
·         KPK =  16 x (12 : 4) = 16 x 3

B.     Tujuan pembuatan alat peraga “DAKOTA“
            Pada umumnya murid-murid sekolah dasar memiliki kesulitan dalam mempelajari pelajaran matematika. Tetapi dengan seiring berjalannya waktu teknologi semakin berkembang. Dengan kemajuan teknologi para guru berinisiatif membuat alat peraga baik berupa perangkat keras maupun perangkat lunak, dengan tujuan mempermudah penyampaian materi pelajaran yang akan disampaikan saat proses belajar mengajar dikelas. Adapun tujuan dari pembuatan “DAKOTA“ yaitu murid-murid dapat mempelajari dan memahami materi tentang FPB dan KPK menjadi mudah dan cepat. Sebab, bukan hanya guru yang  berperan aktif saat proses belajar mengajar melainkan murid juga ikut serta aktif dalam membuat sekaligus mempraktekkan materi yang disajikan dengan alat peraga ini. 
            Selain itu, suasana kelas pun menjadi lebih akrab, penuh keceriaan dan proses belajar mengajar bisa berlangsung dengan efektif karena menimbulkan perasaan senang dan pembelajaran bermakna bagi murid-murid karena alat peraga yang ditampilkan cukup menarik perhatian mereka . Cara bermain Dakota ini juga mirip dengan dakon/congklak sehingga mereka akan antusias untuk memainkannya.

C.    Alat dan bahan yang digunakan dalam pembuatan  “DAKOTA”
            Alat :
1.      Cutter/ Gergaji                        6.   Spidol
2.      Bor                                          7.   Pilox / Cat
3.      Kawat                                     8.   Selotip dan Double tip
4.      Penggaris                                 9.   Amplas
5.      Lem Aibon
            Bahan :
1.      Tripleks / Karton Duplex / Sterofoam
2.      Mangkuk agar-agar (plastik) / Aqua gelas (bekas)
3.      Biji-Bijian (Buah Srikaya,dll) / Kancing Baju
4.      Karton
5.      Pita dan slinger (untuk hiasan)
6.      Kalender bekas (unuk label Nomor dan Nama “DAKOTA”)

D.    Cara pembuatan  alat peraga “DAKOTA”
1.      Buat wadah berbentuk persegi panjang ukuran 70cm x 50cm yang berbahan triplek/sterofoam/ karton duplex (penulis menggunakan triplex). Kemudian Ukur dengan penggaris dan tandai dengan spidol, lalu potong dengan rapi menggunakan gergaji.
2.      Setelah rapi dan halus (sudah di amplas) triplex pun dipilox warna putih. Selanjutnya dijemur sebentar. Barulah, tempel beberapa karton warna agar terlihat menarik di triplex tersebut dengan menggunakan Lem Aibon.
3.      Selanjutnya susun mangkuk agar-agar sebanyak 24 buah. Buat 3 baris yang sejajar, dan tiap baris berisi 8 mangkuk, tempel yang rapi menggunakan lem aibon, atau dibor dan di ikat dengan kawat. Dua buah mangkuk agar-agar di kiri dan kanan untuk wadah biji.
4.      Apabila sudah menempel beri label nomor dari kalender bekas 1-24, di paling atas beri nama “DAKOTA” (Dakon Matematika)  materi ajar FPB dan KPK dengan kalender bekas, spidol atau karton, hias dakon dengan pita dan slinger.
5.      Untuk biji-bijian buat 2 - 3 kumpulan biji dengan warna berbeda (1)Hitam,(2)Putih, (3)Kuning atau alternatif lain dengan kancing baju warna-warni (jumlah secukupnya).
6.      Bor bagian 2 sisi samping triplex ikat pita/tali agar bisa digantung.

Catatan : Membuat dakota ini cukup fleksibel, mau dibuat dengan kreasi yang sederhana atau lebih innovatif tergantung kreatifitas si pembuat. Karena banyak bahan yang bisa digunakan sebagai alternatif lain dalam membuat alat peraga ini. 

Gambar :

E.     Langkah-langkah penggunaan “DAKOTA”
Menggunakan alat peraga ini cukup mudah, yakni :
Murid dipastikan harus paham konsep perkalian terlebih dahulu. Kemudian guru mulai memperkenalkan konsep kelipatan dan faktor persekutuan. Barulah guru bisa mencoba mendemonstrasikan alat peraga “DAKOTA” ini didepan murid.
1.      Berikan soal mudah terlebih dahulu misal mencari KPK 2 dan 3
2.      Masukkan biji warna 1 (hitam) untuk kelipatan dari 2 yakni letakkan pada mangkuk berlabel nomor (2,4,6,8,10,12,14,16,18,20,22,24,...) .
3.      Lalu masukkan biji warna 2 (putih) untuk kelipatan dari 3 yakni letakkan pada mangkuk berlabel nomor (3,6,9,12,15,18,21,24,….). Maka dalam mangkuk akan berisi 2 biji pada mangkuk yang sama (6,12,18,24,…).
4.      Kemudian guru menjelaskan bahwa (6,12,18,24,….) adalah kelipatan persekutuan dari 2 dan 3.  Dan dari kelipatan persekutuan tersebut, bilangan yang terkecil adalah 6. Jadi KPK dari 2 dan 3 adalah 6
5.      Lalu Soal lain yang mudah untuk mencari FPB dari 6 dan 8.
6.      Berarti masukkan biji warna 1 (Hitam) untuk faktor dari 6 kedalam mangkuk berlabel nomor(1,2,3,6) . Kemudian masukkan biji warna 2 (Putih) untuk faktor dari 8 (1,2,4,8) . Perhatikan mangkuk yang berisi 2 biji pada mangkuk yang sama (1 dan 2).
7.      Kemudian guru menjelaskan bahwa (1 dan 2) merupakan faktor persekutuan dari 6 dan 8. Dan dari Faktor persekutuan tersebut, bilangan yang terbesar adalah 2. Jadi FPB dari 6 dan 8 adalah 2.

-          Mengkondisikan dikelas :
1.      Setelah materi tentang konsep faktor dan kelipatan persekutuan diajarkan. Guru menjelaskan pula tata cara bermain dakon matematika. Guru bisa membagi kelompok didalam kelas, 1 kelompok berisi 4 orang . Lalu meminta maju 4 orang. Dan 4 orang yang maju dibagi 2 kelompok. 2 orang diberi tugas mencari KPK 4 dan 5 dan 2 orang lagi diberi tugas mencari FPB 6 dan 18 sambil berinteraksi dengan teman-teman sekelas membantu menjawab kelipatan dan faktor dari soal.
2.      Setelah dirasa murid cukup paham. Guru memberi tugas untuk pertemuan selanjutnya. Pada tiap-tiap kelompok berisi 4 orang tadi, diminta untuk membuat dakon seperti yang dibuat oleh guru. Jumlah mangkuk cukup 24 -30 buah dan dengan alat dan bahan sederhana berupa aqua gelas yang ditempel pada kardus / sterofoam dan biji dakon berupa batu, kelereng, kancing, permen atau lainnya.
3.      Pada pertemuan yang ditentukan, guru memberi lembar kerja berisi 4 soal masing2 dapat 1 soal untuk 1 kelompoknya. Semua siswa mendapat giliran mempraktekkan dakon matematika hasil karya mereka itu. Guru bisa berkeliling mendampingi tiap-tiap kelompok memecahkan masalah pada lembar kerja. Sambil mengevaluasi baik kelompok maupun individu tiap siswa dalam berkomunikasi secara kelompok.
4.      Di akhir guru memberi nilai dan membahas bersama lembar kerja siswa dan memberi kesimpulan dari pembelajaran FPB dan KPK dengan dakon matematika ini.

F.     Kelebihan dan kekurangan dari alat peraga “DAKOTA
-          Kelebihan alat peraga ini :
1.      Dapat meningkatkan kreatifitas dalam membuat alat ini, selain itu siswa jadi lebih aktif dan memperoleh pembelajaran yang bermakna dari media “DAKOTA” (FPB dan KPK) ini.
2.      Dapat melatih siswa dalam berkomunikasi saat berkelompok, menimbulkan motivasi (rasa keingintahuan), menimbulkan keceriaan saat mempraktekkan sebab seperti bermain congklak.
3.      Sebagai alternatif lain dari penggunaan pohon faktor dan garis bilangan.
-          Kekurangan alat peraga ini :
1.      Alat ini kurang fleksibel untuk dibawa karna ukuran yang memang besar dan tidak bisa ditekuk.
2.      Siswa yang kurang paham dengan konsep perkalian yang menyangkut tentang kelipatan dan faktor persekutuan akan bingung menggunakan alat ini.
3.      Untuk memahami pelajaran KPK dan FPB dengan alat peraga “DAKOTA” ini memang sangat membantu, namun perhitungan kelipatan dan faktor persekutuannya terbatas, dimana tidak bisa lebih dari 24 (sesuai jumlah mangkuk yang dibuat). Sebab semakin banyak jumlah mangkuk maka akan semakin panjang wadah dakon.
  
BAB III
PENUTUP

                   Alhamdulillahi Rabbil ’alamiin atas rahmat dan hidayah Allah SWT, sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah alat peraga “DAKOTA” ini dan dapat terselesaikan pada waktu yang ditentukan. Meskipun penulis menyadari bahwa masih banyak kekurangan dalam penulisan, isi materi dan lain-lain yang perlu dibenahi pada makalah dan alat peraga yang dibuat ini. Ucapan terima kasih tidak lupa penulis dedikasikan untuk pihak yang telah membantu jalannya proses pembuatan makalah dan pembuatan alat peraga ini. Sehingga tidak lupa, kritik serta saran yang membangun sangat penulis harapkan agar terciptanya kesempurnaan pada makalah dan alat peraga selanjutnya. Terima kasih.

Wassalammu’alaikumm wr. wb.



6 komentar:

  1. Izin donlot, dan mo sy coba di kls sy... makasih...

    BalasHapus
  2. mantap ne, izin copy paste ya,, narasumbernya dicantum kok'mkasih

    BalasHapus
  3. Bagus.buat referensi.terimakasih

    BalasHapus
  4. Mohon maaf..Izin download..
    Yaa kak.. buat praktik alat peraga..
    Terima kasih.

    BalasHapus